Tips dan Trik Membuat Selai Nanas

Tips dan Trik Membuat Selai Nanas

Tips dan Trik Membuat Selai Nanastips dan trik membuat selai nanas. Mendengar selai nanas, selalu mengingatkan banyak orang akan selai yang dijadikan isi kue kering yaitu nastar. Sebenarnya masih banyak fungsi selai nenas ini selain untuk isian kue nastar diantaranya untuk selai bolu gulung, untuk olesan roti tawar dan lain sebagainya sesuai selera masing-masing.

Selai nanas bisa dibuat sendiri di rumah, meski banyak dijual dipasaran. Namun untuk isian nastar ada baiknya dibuat sendiri, karena yang beredar dipasaran belum tentu bisa dijadikan isian kue nastar atau belum tentu rasanya cocok dengan lidah kita. Karena nenas umumnya selalu ada, jadi bisa diolah kapan saja sesuai kebutuhan. Cara membuatnya relatif mudah, hanya cukup memakan waktu dalam proses pengolahannya.

Selai nanas umumnya terbuat dari buah nanas matang, gula, kayu manis, cengkeh, dan sedikit garam. Nanas yang sudah dikupas dan dicuci bersih lalu diparut atau diblender. Dimasak dengan api sedang hingga kadar cairan nanas habis, campurkan bahan lainnya dan dimasak dengan api kecil hingga benar-benar kering. Jika selai nanas akan digunakan untuk olesan roti atau untuk selai bolu gulung, sebaiknya hanya dimasak hingga lembut dan sedikit basah. Jika akan dijadikan isian nastar, sebaiknya dimasak hingga benar-benar kering.

Ada beberapa tips dan trik dalam mengolah selai nanas ini, yaitu:

  1. Pilihlah nanas Palembang yang benar-benar matang, jika ingin hasil selai yang manis.
  2. Parut nenas jika ingin hasilnya berserat.
  3. Gunakan wajan anti lengket ketika memasaknya, dan gunakan pengaduk kayu.
  4. Karena cairan nanas yang memang banyak, masak parutan nanas hingga air nanasnya benar-benar habis, baru masukkan gula. Jangan memasukkan gula dari awal memasak atau ketika cairan nanas banyak. Hal ini akan memperlama waktu memasaknya. Gula yang bercampur dengan cairan nanas akan menyebabkan cairan nanas susah kering, meski bisa kering namun akan memakan waktu lama, dan tidak menutup kemungkinan gula akan menjadi karamel karena proses membuat selai yang terlalu lama.
  5. Tutup wajan ketika sudah mulai mendidih, untuk menghindari cipratan dari cairan nanas, dan buka kembali tutupnya ketika cairan nanas sudah menyusut.
  6. Jika ingin membuat selai nanas untuk olesan roti atau untuk olesan bolu gulung, masaklah selai tersebut hingga setengah  kering dan masih terlihat lembut.
  7. Jika ingin membuat selai nanas untuk isian nastar atau jenis isian kue kering lainnya, masaklah hingga benar-benar kering. Ciri-cirinya selai nanas tersebut terlihat sudah kering, lembek, namun tidak lengket pada wajan. Jika selai nanas tidak terlalu kering akan mengakibatkan kue kering berjamur, karena masih ada kandungan air pada selai tersebut.
  8. Jika sudah matang, biarkan hingga selai benar-benar dingin. Jika ingin dijadikan isian nastar sebaiknya dibulat-bulatkan terlebih dahulu sebelum membuat nastar untuk memudahkan saat membuat nastar dan untuk mempersingkat waktu dalam proses membuat nastar tersebut. Bulatkan selai sesuai kebutuhan, saya sendiri selalu menimbang selai yang akan dibulatkan. Supaya hasilnya sama besar dan pas untuk isian nastar saya menimbang sebanyak ±2.5 gram, lalu bulat-bulatkan.
  9. Untuk pemakaian jangka waktu lama, sebaiknya simpan selai di dalam kulkas. Keluarkan dari dalam kulkas minimal 2 hingga 3 jam sebelum kue keringnya diolah.

Demikianlah tips dan trik membuat selai nanas, semoga bermanfaat. Dan jika kamu ingin memberi manfaat kepada orang lain, silahkan bagikan (share) postingan ini. Untuk resep selai nanas homemade bisa kamu temukan disini. Atau kamu juga bisa langsung tonton proses pembuatannya disini.

No comments yet.

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons
error: Content is protected !!